Facebook Berburu Akun Spam di Indonesia

Facebook Berburu Akun Spam di Indonesia

Facebook Berburu Akun Spam di Indonesia – Setelah membidik peredaran berita palsu, kini Facebook berburu akun-akun palsu yang menyebarkan hoax alias kabar bohong di jejaring sosialnya, salah satunya yang berbasis di Indonesia.

Caranya, dengan mempersulit pembuatan akun palsu yang nantinya dipakai untuk mempromosikan hoax. Tujuannya adalah untuk mengenali pola aktivitas akun-akun tersebut, seperti posting konten yang sama secara berulang.

Facebook mengklaim strategi ini membuat mereka bisa mengidentifikasi dan menghapus lebih dari 30 ribu akun palsu yang berasal dari Prancis, demikian dikutip detikINET dari Cnet, Senin (17/4/2017).

“Dengan meningkatkan teknik kami secara konstan, kami juga membidik untuk mengurangi insentif finansial bagi para penyebar spam yang bergantung pada distribusi agar usaha mereka bermanfaat,” tulis Shabnam Shaik, technical program manager Facebook dalam postingannya.

Facebook juga mengaku berhasil mematikan operasi penyebaran spam besar-besaran yang berpusat di Bangladesh, Indonesia, Arab Saudi dan sejumlah negara lainnya.

Facebook Berburu Akun Spam di Indonesia
Facebook Berburu Akun Spam di Indonesia

Kampanye ini menggunakan metode mengumpulkan teman baru di Facebook dengan me-like dan berinteraksi dengan laman-laman Facebook yang populer. Setelah itu barulah mereka mengirimkan spam.

“Kami menemukan fakta kalau kebanyakan aktivitas ini dibuat menggunakan metode pembuatan akun secara tradisional. Namun mereka terbilang canggih karena bisa memanipulasi fakta bahwa pembuatan akun-akun itu adalah bagian dari operasi yang terkoordinasi,” tambah Shaik.

Akun palsu dan bot adalah masalah yang kini banyak terjadi di hampir semua jejaring media sosial. Pada 2014 lalu, Facebook memperkirakan kalau 67,6 juta sampai 137,8 juta akun yang ada, merupakan akun duplikat atau pun palsu.

Masalah yang sama juga terjadi di Twitter. Beberapa waktu lalu, sebuah laporan mengungkapkan bahwa 15% dari 319 juta pengguna aktifnya ternyata adalah bot.

sumber : detik

Mudik Naik KA Masih Bisa, Ini Daftar KA Tambahan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s